PLO (Program Learning Outcomes)
Sesuai dengan ketentuan dari SN-DIKTI, PLO (Program Learning Outcomes) atau CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan) Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual dibagi menjadi empat aspek yaitu Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum dan Keterampilan Khusus.
Aspek Sikap
PLO 1
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
PLO 2
Mampu mengimplementasikan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan di bidang desain komunikasi visual.
Aspek Pengetahuan
PLO 3
Mampu mengimplementasikan dan mendemonstrasikan teori, sejarah, dan prinsip seni rupa/desain di tingkat lokal serta global.
PLO 4
Mampu mengimplementasikan dan menggunakan teori, prinsip, pengetahuan, perangkat komunikasi, serta media untuk perancangan dan produksi karya desain komunikasi visual.
PLO 5
Mampu mengonsep, melaksanakan dan menghasilkan proyek desain melalui prinsip manajemen proyek, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan etika keprofesian terkait desain komunikasi visual.
PLO 6
Mampu menelaah dan menganalisis data melalui metode riset multidisiplin terkait khalayak sasar di bidang desain komunikasi visual.
Aspek Keterampilan Umum
PLO 7
Mampu menelaah dan menganalisis ilmu pengetahuan, teknologi, seni, desain, dan budaya untuk menghasilkan kajian berupa tulisan ilmiah berdasarkan kaidah serta etika ilmiah.
PLO 8
Mampu mengevaluasi, memberi saran, dan memutuskan hasil proyek pada kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya melalui kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang keilmuan agar memberikan kontribusi kepada masyarakat luas.
Aspek Keterampilan Khusus
PLO 9
Mampu merancang dan menciptakan aset visual dan/atau audio visual menggunakan teknologi untuk media desain komunikasi visual.
PLO 10
Mampu merencanakan dan membuat konsep perancangan karya media komunikasi visual melalui riset dan analisis multidisiplin.
PLO 11
Mampu merencanakan, membuat, dan menyimpulkan strategi desain komunikasi visual sebagai pemecahan masalah secara kreatif dan kolaboratif melalui pendekatan berpikir kritis dan inovatif.
PLO 12
Mampu merencanakan, merancang, dan menciptakan karya desain komunikasi visual yang dapat dipresentasikan sebagai pemecahan masalah yang memiliki nilai kewirausahaan.