PROFIL LULUSAN

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual Universitas Telkom telah merancang Program Educational Outcome (PEO) atau Profil Lulusan yang mencerminkan kemampuan, pengetahuan, dan sikap yang harus dimiliki oleh setiap lulusan sebagai berikut:

Professional di bidang desain komunikasi visual yang berintegritas tinggi

  1. Menjunjung tinggi etika profesionalisme dengan mengaplikasikan kompetensi desain komunikasi visual yang sesuai dengan standarisasi industri, asosiasi, KKNI, dan SKKNI
  2. Memiliki sikap dan prinsip yang dapat menginternalisasikan identitas dan jiwa profesionalisme sebagai seorang desainer yang berkontribusi di masyarakat dan industri
  3. Menerapkan kemampuan untuk belajar multidisiplin melalui pengembangan kompetensi dengan mengintegrasikan keilmuan desain komunikasi visual dengan bidang keilmuan lain yang terkait
  4. Mampu memiliki kepekaan terhadap budaya, tren, dan ekosistem di bidang industri desain komunikasi visual sehingga mampu mengembangkan produk desain komunikasi visual yang adaptif dan relevan
  5. Memiliki kemampuan dasar perancangan desain komunikasi visual sesuai dengan nilai dan prinsip desain yang baik dan benar
  6. Menerapkan pemahaman yang kuat terhadap perkembangan media dan teknologi sehingga mampu menjadi desainer yang adaptif dengan berbagai perubahan media dan platform sesuai dengan perkembangan zaman
  7. Mampu memanfaatkan berbagai informasi dan data untuk dikemas menjadi produk desain komunikasi visual yang informatif, efektif, dan efisien
  8. Memiliki kemampuan komunikasi dalam mengungkapkan ide, gagasan, dan pendapat ke dalam tim maupun klien seperti kemampuan pitching dan presentasi
  9. Memiliki kemampuan dalam membangun kerja sama dan berkolaborasi dalam sebuah tim
  10. Mampu melakukan analisis permasalahan sesuai dengan kebutuhan pengguna yang sesuai dengan praktik di industri desain komunikasi visual
  11. Mampu menerapkan kemampuan dalam membangun narasi yang kuat sehingga dapat mengemas pesan dalam bentuk desain komunikasi visual yang menarik

Akademisi yang beretika dalam bidang desain komunikasi visual dengan lingkup multidisiplinnya

  1. Menerapkan sikap dan semangat belajar yang multidisiplin melalui keterbukaan dengan berbagai disiplin ilmu lainnya di luar bidang ilmu desain komunikasi visual (sikap)
  2. Memiliki prinsip, nilai, norma, dan etika akademik yang menjunjung integritas akademik secara terbuka, jujur, dan bertanggungjawab (sikap)
  3. Memiliki kemampuan berpikir analisis dan sistemik dalam memecahkan permasalahan sosial di bidang desain komunikasi visual (keterampilan umum)
  4. Memiliki kemampuan dalam melakukan riset terkait industri, budaya, dan audiens (market) terkait bidang desain komunikasi visual (keterampilan umum)
  5. Memahami dan membaca fenomena teraktual yang dapat memunculkan kebaruan keilmuan desain komunikasi visual (keterampilan umum)
  6. Menerapkan kemampuan dalam membuat narasi yang sistematis dan objektif sesuai deng

Entrepreneur yang kompeten dan inovatif dalam bidang desain komunikasi visual

  1. Memiliki kemampuan wirausaha melalui pengembangan sikap dan semangat untuk berani belajar dan bereksperimen
  2. Mampu menerapkan sikap dan mindset yang agile, adaptif, dan fleksibel sehingga mampu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan perubahan di industri pendukung
  3. Memahami ekosistem industri desain komunikasi visual dari hulu ke hilir serta kemampuan interaksi dan negosiasi dengan klien dan stakeholder-nya
  4. Memiliki kemampuan micromanaging, membangun jejaring, dan berkolaborasi dalam mengelola suatu proyek desain komunikasi visual
  5. Memiliki kemampuan dalam literasi data dan literasi teknologi untuk memasarkan berbagai produk desain komunikasi visual melalui berbagai media (cetak maupun digital)
  6. Menerapkan kemampuan dalam mempresentasikan proyek desain komunikasi visual yang menarik dan efisien
  7. Mengembangkan ide dan gagasan kreativitasnya untuk menciptakan nilai baru dalam suatu produk desain komunikasi visual yang mampu memecahkan masalah di sekitar
  8. Menerapkan kemampuan dalam menganalisis kebutuhan pengguna berdasarkan fenomena dan tren
  9. Menciptakan berbagai portofolio desain yang menarik serta memiliki personal branding yang baik