Sharing Session 3 “

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (IMAGI) Telkom University Kampus Jakarta telah sukses menyelenggarakan kegiatan Sharing Session dengan tema "Tipografi" pada Kamis, 30 Mei 2024. Acara ini berlangsung secara hybrid, dengan lokasi onsite di Ruang 015, Kampus A, Telkom University Jakarta, Daan Mogot, dan juga disiarkan secara online melalui Zoom Meeting dan YouTube. Kegiatan ini dimulai [...]

BUKA BERSAMA IMAGI TUKJ 2024

Pada Kamis, 28 Maret 2024, Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual IMAGI Telkom University Kampus Jakarta mengadakan kegiatan *Buka Bersama IMAGI TUKJ 2024*. Acara ini berlangsung di Waroeng Steak & Shake, Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, mulai pukul 16.00 WIB hingga selesai. Dengan tema kebersamaan di bulan Ramadan, kegiatan ini mengusung dress code Koko atau Gamis [...]

First meet imagi 2023

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (IMAGI) Telkom University Kampus Jakarta sukses mengadakan kegiatan First Meet IMAGI, Sharing Session bertajuk Sinergi Bangun Kampus pada Jumat, 24 November 2023. Acara ini diselenggarakan di Kampus A, Telkom Jakarta, Daan Mogot, dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Kegiatan ini menghadirkan pembicara spesial, yaitu Nurrahma Adilla (Alumni 2021), M. Fauzan [...]

Kolaborasi Universitas Telkom & Lihai Preschool: Penerapan Elemen Grafis Interaksional untuk Optimalisasi Cognitive Playthings di Preschool

Bandung, 18 Juli 2024 – Universitas Telkom melalui kolaborasi lintas disiplin antara Desain Komunikasi Visual dan Teknologi Informasi, mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk Lihai Islamic Preschool di Bandung. Tim yang diketuai oleh Rizka Rachmawati, S.Ds., MBA, bersama anggota Syifa Nurgaida Yutia, S.Ti., M.T, dan Wirania Swasty, S.Ds., MBA, PhD, menciptakan produk inovatif berupa Busy Book [...]

Workshop Design Thinking! DKV TelU Jakarta X SMK Telkom Jakarta

Design Thinking merupakan metode cara berpikir yang bersumber dari suatu permasalahan dengan tujuan untuk bisa mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut. Metode ini mengajarkan untuk bisa melihat permasalahan secara sistematis dan memberikan solusi dari sudut pandang yang berbeda. Metode cara berpikir ini diperkenalkan kepada siswa SMK dengan tujuan agar siswa SMK dapat terbiasa melihat suatu permasalah […]

Peran Tipografi dalam Desain Komunikasi Visual 

Tipografi adalah elemen kunci dalam Desain Komunikasi Visual (DKV) yang berfokus pada pemilihan dan pengaturan huruf untuk menyampaikan pesan dengan cara yang efektif dan estetis. Artikel ini akan membahas pentingnya tipografi, jenis-jenis huruf, dan prinsip-prinsip dasar tipografi dalam DKV.  Pentingnya Tipografi  https://storyset.com/illustration/design-process/amico Tipografi tidak hanya berfungsi sebagai teks yang bisa dibaca, tetapi juga sebagai elemen […]

Grafiti: Positif atau Negatif?

Seni graffiti sering kali dianggap kontroversial dan dihubungkan dengan tindakan vandalisme. Namun, di balik pandangan negatif tersebut, terdapat keberagaman bentuk seni dan pesan positif yang terkandung dalam karya-karya graffiti. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi aspek positif seni graffiti beserta gambaran visualnya. Seni graffiti memberikan platform bagi seniman untuk mengekspresikan diri dengan bebas. Dinding kota […]

Ayo Naik Kendaraan Umum di Jakarta: Solusi Ramah Lingkungan dan Efisien

Dalam konteks pertumbuhan pesat populasi dan urbanisasi di Jakarta, masalah kemacetan yang semakin parah dan dampak negatif lingkungan yang meningkat menjadi sorotan utama. Artikel ini merangkul kompleksitas tantangan mobilitas dalam lingkungan perkotaan yang padat, dan dengan tekad untuk menemukan solusi yang berkelanjutan, mengajak pembaca untuk menggali potensi besar yang terkandung dalam penggunaan kendaraan umum. Jakarta, […]

Sisi Desain terhadap Packaging Sebuah Produk

Dalam sebuah desain kemasan produk, desain mempunyai peran cukup vital dalam menentukan visual produk. Hal pertama yang akan konsumen lihat dan cermati saat membeli produk adalah kemasannya. Tampilan kemasan yang biasa-biasa saja kurang konsumen minati. Lain dengan visual kemasan yang menarik apalagi unik.Produsen mesti paham kalau ada jenis konsumen yang jauh lebih tertarik pada kemasan […]

Peranan Industri Kreatif Terhadap Nilai Jual Barang Antik

Industri kreatif merupakan sektor ekonomi yang sangat penting untuk pemasaran barang antik. Barang antik adalah sebuah produk yang memiliki nilai sentimental, historis atau estetika yang menjadi objek koleksi bagi masyarakat. Pada umumnya, barang antik diperoleh melalui proses jual beli antar individu atau lewat pasar antik. Apa yang dimaksud barang antik? Barang antik sendiri berasal dari […]

Minimnya Ruang untuk Seniman “Jalanan” Berkarya di Jakarta.

Karya lukis yang seharusnya dapat dipresentasikan disebuah ruang yang pantas malah harus terbuang sembarangan di jalanan. Seni lukis di tembok jalanan memunculkan dua hal. Terlihat indah atau bagus dan disebut atau justru dianggap jelek karena merusak fasilitas umum.  Seni lukis yang ada di dinding-dinding dan tak sesaui pada lingkungan atau tempatnya hingga dapat merusak fasilitas […]

Optimalisasi Kreative Space di Taman Untuk Dapat Menata Lingkungan Yang Menarik

Taman sebagai ruang terbuka yang rindang seringkali disamakan dengan kedamaian dan keindahan alam. Namun kini semakin banyak kota dan komunitas yang menyadari potensi taman sebagai tempat menumbuhkan kreativitas dan inovasi. Konsep “ruang kreatif” di taman semakin menjadi tren sebagai tempat di mana masyarakat dapat mengeksplorasi ide-ide baru, berkolaborasi, dan mengekspresikan diri dengan lebih bebas. Artikel […]

Optimalisasi APE sebagai Sarana Edukasi Siswa PAUD melalui Pemberdayaan Industri Warga Ciganitri

Salah satu kegiatan dari tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) Universitas Telkom adalah mendukung program pengabdian masyarakat (ABDIMAS). Program ini menunjukkan kepedulian Universitas terhadap kehidupan masyarakat nyata. Hal ini merupakan bagian dari aplikasi keilmuan bidang desain dari matakuliah – matakuliah yang dipelajari di Fakultas Industri Kreatif (FIK) berupa bentuk hasil karya yang […]

Prospek K3rja Jurusan Desain Komunikasi Visual

“Seperti apa sih prospek kerja jurusan desain komunikasi visual?” Mungkin pertanyaan di atas sering kali muncul di dalam pikiranmu, khususnya bagi mahasiswa desain komunikasi visual ataupun yang ingin kuliah di jurusan tersebut. Desain di zaman sekarang menjadi salah satu hal yang paling dibutuhkan, entah itu desain gambar, desain karakter, maupun desain-desain yang lainnya. Semua agency […]

Unsur-unsur Desain Grafis

Apa aja sih Unsur Desain Grafis itu? Dalam dunia desain ada beberapa faktor yang mempengaruhi keseluruhan. Salah satunya adalah unsurnya yang mampu mempengaruhi hasil yang dibuat, Adapun 7 Unsur-Unsur Desain Grafis tersebut adalah 1. Garis( Line) Line suatu komponen unsur- unsur desain grafis berfungsi menghubungkan titik poin yang satu dengan yang lain sehingga membentuk goresan panjang, […]

What is DKV?

DKV is a branch of design science that studies the concept of communication through various media which can be in the form of images, typesetting, video, interactive media, and other visual media so that the ideas conveyed can be well received, more interesting, or in accordance with other needs when received. by the message recipient. […]