Prospek K3rja Jurusan Desain Komunikasi Visual

Prospek K3rja Jurusan Desain Komunikasi Visual

“Seperti apa sih prospek kerja jurusan desain komunikasi visual?”

Mungkin pertanyaan di atas sering kali muncul di dalam pikiranmu, khususnya bagi mahasiswa desain komunikasi visual ataupun yang ingin kuliah di jurusan tersebut. Desain di zaman sekarang menjadi salah satu hal yang paling dibutuhkan, entah itu desain gambar, desain karakter, maupun desain-desain yang lainnya. Semua agency ataupun perusahaan membutuhkan seorang desainer handal yang dapat membuat visual yang bagus untuk menarik perhatian banyak orang. Dengan keadaan seperti ini, bisa dikatakan prospek kerja dari jurusan ini terbilang cukup luas. Namun, apa saja sih kira-kira pekerjaan yang tepat untuk jurusan desain komunikasi visual atau DKV ini?

 

  1. Graphic designer
    Menjadi graphic designer di berbagai perusahaan atau agency merupakan salah satu pilihan utama karier bagi lulusan desain komunikasi visual. Saat ini, lapangan pekerjaan dari graphic designer terbilang cukup luas. Pasalnya, di era digital perusahaan butuh promosi dengan desain gambar yang bagus dan nyaman dilihat.
  2. Web designer
    Mungkin sebagian dari kamu tertarik mendesain sebuah website untuk perusahaan ataupun agency. Lulusan desain komunikasi visual juga dapat menjadi seorang web designer. Akan tetapi, tidak hanya keterampilan desain komunikasi visual saja, web designer juga harus menguasai keterampilan coding dan sebagainya.
  3. Illustrator
    Profesi ini mungkin banyak diminati oleh banyak orang. Illustrator tidak akan jauh dengan yang namanya mendesain gambar. Seorang illustrator biasanya bertugas menyediakan gambaran ilustrasi untuk menjelaskan atau menyampaikan pesan dalam bentuk gambar agar terlihat menarik. Misalnya gambar untuk cover novel, iklan, poster, dan sebagainya. Tanggung jawab dari seorang illustrator terbilang cukup berat karena harus menyediakan gambar yang bagus sekaligus mengandung pesan yang ingin disampaikan.
  4. Video editor
    Desain komunikasi visual tidak hanya berbicara mengenai gambar. Seseorang dengan latar belakang jurusan tersebut juga dapat menjadi video editor. Apabila kamu sudah tidak asing dengan tools editing video seperti Adobe Premier Pro, Final Cut Pro, dan lain-lain, tidak ada salahnya untuk menjadi seorang video editor. Video editor mempunyai tanggung jawab untuk mengedit video agar terlihat menarik dengan visual yang bagus. Tidak hanya gambar, video editor juga bertugas untuk menambahkan efek suara dan musik yang relevan dengan video.
  5. Art director
    Bila tertarik untuk kerja di media seperti majalah, koran, film, atau bahkan dunia pertelevisian, tidak ada salahnya untuk meniti karier sebagai art director. Art director bertanggung jawab atas desain visual dan gambar di berbagai media seperti majalah hingga film. Seorang art director akan menciptakan desain visual secara keseluruhan dalam satu proyek, mulai foto, video, dan konten-konten lainnya. Tidak hanya itu, ia juga harus mengarahkan orang lain untuk dapat mengembangkan layout atau artwork yang sudah ada.
  6. Publishing designer
    Publishing designer juga menjadi salah satu pilihan karier bagi lulusan desain komunikasi visual. Publishing designer memiliki tugas untuk membuat visualisasi dari sebuah cerita, melengkapi tulisan, dan membuat pemahaman yang lebih baik untuk audiens. Seorang publishing designer akan membuat visual layout menggunakan berbagai macam foto, grafik, dan bentuk visual lainnya untuk cover maupun bagian isi cerita.
  7. Brand and digital designer
    Brand and digital designer bertanggung jawab untuk membawa sebuah ide dari brand secara digital melalui sebuah desain. Kamu akan bekerja dan berhubungan langsung dengan klien serta art director di perusahaan. Selain itu, kamu juga akan terlibat product launching dan menjadi bagian dari pendekatan kreatif perusahaan untuk membentuk brand mereka.
  8. Photojournalist
    Profesi photojournalist menjadi prospek lulusan DKV selanjutnya. Tugas utama dari photojournalist adalah menggunakan foto dan video untuk membuat cerita.
  9. Visual designer
    Seorang visual designer membuat konsep visualisasi dari sebuah digital project seperti website. Visual designer akan membantu perusahaan membangun artistic brand dan membuat desain yang sesuai dengan visi serta misi perusahaan.
  10. Communications manager
    Secara general, communications manager memiliki tugas untuk melakukan peninjauan terkait dengan brand image juga company profile dalam melakukan promosi sesuai visi perusahaan. Bagaimana perusahaan mendapatkan exposure, kesempatan tampil di berbagai media, dan mengatur campaign adalah tugas-tugas dari communications manager. Banyak dari communications manager menggunakan kemampuan komunikasi visual yang mereka punya untuk mendesain dan memproduksi materi marketing yang unik dan inovatif.
  11. Advertising
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lulusan desain komunikasi visual memiliki peran untuk menyampaikan pesan, tujuan, atau visi perusahaan melalui desain. Di bidang periklanan, mereka akan membuat campaign untuk mengembangkan brand. Media yang digunakan pun beragam, mulai dari media cetak hingga digital.
  12. Design education
    Selain membantu perusahaan atau brand, lulusan desain komunikasi visual juga bisa bekarier di bidang pendidikan, lho! Kemampuan yang dimiliki dari ilmu juga pengalaman desain yang dimiliki oleh lulusan DKV memungkinkannya untuk mengajar kursus, membuka kelas online, bahkan menjadi guru ataupun dosen.
  13. User experience designer
    UX designer adalah salah satu prospek karier lulusan desain komunikasi visual yang banyak dicari di tahun 2022. UX designer memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membantu mendesain websites juga software yang dikembangkan suatu perusahaan. Mereka harus memastikan pengguna website atau software tersebut merasakan pengalaman yang mudah dan menyenangkan dengan desain yang sudah dibuat.
  14. Product designer
    Beberapa pemilik bisnis terkadang memiliki banyak ide brilian, namun bingung saat ingin mengaplikasikannya. Salah satunya terkait dengan product design. Tugas utama dari seorang product design adalah mewujudkan ide menjadi produk nyata. Kemampuan yang harus dikuasai product designer antara lain artistik, bisnis, hingga technical skills.
  15. Copywriter
    Copywriter memang memiliki tugas utama untuk mengembangkan dan menulis konten untuk promosi suatu brand. Namun, untuk mencapai tujuan marketing, ada copywriter yang juga berperan dalam bidang advertising campaigns. Mereka bisa membuat brosur, slogan, dan bahan marketing lainnya. Copywriter juga menjadi salah satu prospek karier yang bisa diambil oleh lulusan desain komunikasi visual.

 

Terlepas dari semua itu, ada baiknya kamu tetap mempelajari berbagai macam skill yang dibutuhkan dari sekarang. Tak hanya itu, kamu juga harus memiliki portofolio menarik agar banyak perusahaan yang melirik.

Since October 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *