Kenapa harus DKV Tel-U Jakarta

Kenapa harus DKV Tel-U Jakarta


DKV Telkom University Kampus Jakarta

Kreativitas merupakan salah satu nilai jual tinggi di era modern sekarang ini. Dari pemerintahan hingga perusahaan swasta pasti membutuhkan sentuhan kreatif dalam melancarkan proses penyampaian pesan kepada masyarakat luas. Dalam hal ini, bidang Desain Komunikasi Visual (DKV) memiliki peran penting dalam merealisasikannya. Tidak heran jika prospek desain komunikasi visual diproyeksikan tetap cerah di tahun-tahun ke depan pasca pandemi mereda.

Peralihan tren ke ranah digital ini menjadi pangsa pasar yang besar bagi subsektor desain komunikasi visual untuk terus berkarya. Mengingat di dunia digital visual menjadi kunci penting dalam mengenalkan sebuah produk. Sentuhan visual warna, garis, bidang, bentuk, tipografi, ilustrasi, fotografi, bagan, infografis, dan layout menjadi sarana komunikasi yang dapat menarik konsumen. Melalui komunikasi visual yang tepat, pesan dari produk atau brand lebih mudah diingat masyarakat. Pastinya menghemat waktu dan tenaga. Pasalnya jika dikemas unik dan menarik, akan lebih mudah disebarkan dari mulut ke mulut. Tidak mengherankan jika desain komunikasi visual memiliki potensi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Bahkan, subsektor ini turut serta mengembangkan subsektor ekonomi kreatif lainnya, seperti kuliner, fashion, kriya, TV dan radio, penerbitan, arsitektur, desain produk, musik, hingga periklanan.

Prospek Desain Komunikasi Visual di Indonesia

Belakangan ruang lingkup DKV kian meluas. Saat ini DKV juga membawahi desain periklanan, desain identitas usaha, desain multimedia, desain marka lingkungan, desain grafis industri, desain grafis media, cerita bergambar, fotografi, videografi, ilustrasi, animasi, dan media kreatif.
Prospek desain komunikasi visual sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif pun terus melejit. Bisa dibilang, saat ini semua produk membutuhkan peran desain komunikasi visual. Pasalnya, kesan pertama terhadap suatu produk didasarkan pada bentuk produk, warna, maupun kemasannya.

Menariknya, desain komunikasi visual juga menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang efektif dalam menyerap pekerja. Masih dari data yang sama, subsektor DKV memperkerjakan 29.651 pekerja selama 2020. Melihat prospeknya yang bagus, pasca pandemi diprediksi akan ada 30.914 orang pekerja di subsektor DKV.

Source: https://kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Desain-Komunikasi-Visual-Salah-Satu-Subsektor-Ekraf-Kekinian-yang-Menjanjikan

-DKV Tel-U Kampus Jakarta-

 

Since October 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *